Kominfo dan WhatsApp Rilis Chatbot Terkait COVID-19 :: Nusantaratv.com

Kominfo dan WhatsApp Rilis Chatbot Terkait COVID-19

WhatsApp Hadirkan Chatbot yang Bisa Dimanfaatkan untuk Pemperoleh Informasi Secara Interaktif Soal COVID-19.
Kominfo dan WhatsApp Rilis Chatbot Terkait COVID-19
Ilustrasi WhatsApp. (The Verge)

Jakarta, Nusantaratv.com - Penyebaran wabah virus corona (COVID-19) makin masif di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menyampaikan langkah kebijakan.

Salah satunya dengan merilis hotline atau chatbot terkait COVID-19 di Whatsapp. Chatbot tersebut nantinya akan menjawab beberapa pertanyaan umum seputar COVID-19, seperti apa itu COVID-19, cara melindungi diri, Rumah Sakit rujukan bagi pasien COVID-19, gejala penyakit, dan yang lainnya.

Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), berharap dengan kehadiran chatbot maka bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh informasi secara interaktif yang kontennya disediakan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Johnny menambahkan jika WhatsApp juga akan menyiapkan WhatsApp blast terkait COVID-19 khusus untuk Indonesia dan Singapura.

Baca Juga: Sinergi Lembaga Penyiaran, Dukung Upaya Pemerintah Lawan Virus Corona

Facebook selaku pemilik WhatsApp juga sudah berkomitmen memberikan kebijakan khusus Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait pandemi COVID-19. Kominfo menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima blast pada akun WhatsApp. WhatsApp hanya memberikan kebijakan ini secara ekslusif kepada dua negara, yakni Indonesia dan Singapura - kata Johnny di Jakarta.

Johnny menambahkan chatbox dan pesan blast pada platform WhatsApp diharapkan sudah live trial mulai Jumat (20/3/2020) malam.

Dalam kesempatan itu, Johnny menyampaikan ucapan terimakasih kepada lembaga penyiaran publik dan swasta yang telah menayangkan tayangan pemberitaan dan iklan layanan masyarakat tentang COVID-19.

Selain juga untuk operator telekomunikasi dan Penyedia Layanan Internet yang memberikan kontribusi sangat besar untuk mendukung bekerja dan belajar dari rumah.

Terima kasih WhatsApp (Facebook) yang telah menyediakan chatbot - tukas Johnny.

Diketahui, chatbot COVID-19 didesain dalam WhatsApp Business API, bekerjasama dengan DAMCorp, yang membantu organisasi dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan mereka. Untuk mencoba chatbot COVID-19 langsung, berikut nomor layanan chatbot WhatsApp 081133399000 atau kunjungi link berikut ini (https://wa.me/6281133399000).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0