Kopi dari Tanaman Lempuyang, Inovasi Mahasiswa Polines Tanpa Kandungan 3P :: Nusantaratv.com

Kopi dari Tanaman Lempuyang, Inovasi Mahasiswa Polines Tanpa Kandungan 3P

Ide berawal dari banyaknya tanaman lempuyang di hutan Blora
Kopi dari Tanaman Lempuyang, Inovasi Mahasiswa Polines Tanpa Kandungan 3P
Inovasi kopi ciptaan mahasiswa Polines. (polines.ac.id)

Jakarta, Nusantaratv.com - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Politeknik Negeri Semarang (Polines) menciptakan inovasi kopi dari tanaman lempuyang yang diberi nama 'Industri Lempuyang Coffe Blend'. 

Ketua dari Tim PKM-K Budi Santoso (Administrasi Bisnis) dibantu 4 rekannya yaitu Etiek Apriliyani Mukharomah (Administrasi Bisnis), Rhiyo Yudha Febriyano (Teknik Sipil), Sumanto (Administrasi Bisnis), dan Elen Puspitasari (Administrasi Bisnis).

Ide PKM ini berawal dari banyaknya tanaman lempuyang di hutan Blora tepatnya di Dusun Jlubang, Desa Ngampon, Kecamatan Jepon, yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Padahal tanaman lempuyang memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya untuk menambah nafsu makan, rematik, batuk rejaan, asma dan lain sebagainya (Muhlisin, 1999).

Budi lantas memanfaatkan tanaman tersebut untuk dipadukan dengan kopi. Hal ini juga bermaksud untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Blora, sehingga angka pengangguran di Blora berkurang. Sedangkan untuk kopi di dapatkan di dusun kopi sirep Kecamatan Jambu, Semarang.

Produk 'Industri Lempuyang Coffe Blend' ini merupakan produk pertama dan satu-satunya di pasaran, dijual dengan harga Rp3.200 per sachet dengan berat bersih per sachet yaitu 50 gram. 

Produk ini juga aman dikonsumsi karena tanpa mengandung 3P (pemanis buatan, pengawet, dan pewarna buatan). Dengan beragam manfaat tersebut, diharapkan produk ini disukai oleh masyarakat Indonesia.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0