Larry Tesler, Pencipta 'Copy Paste' Itu Meninggal Dunia :: Nusantaratv.com

Larry Tesler, Pencipta 'Copy Paste' Itu Meninggal Dunia

Larry Tesler Banyak Berinovasi Termasuk Menciptakan Perintah Cut dan Copy Paste.
Larry Tesler, Pencipta 'Copy Paste' Itu Meninggal Dunia
Larry Tesler. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Larry Tesler meninggal dunia di usia 74 tahun. Tesler mulai bekerja di Silicon Valley pada awal 1960-an. Ketika itu, masih sangat terbatas orang yang dapat mengakses komputer.

Tesler terus melakukan inovasi, hingga tercipta perintah 'cut (potong)', 'copy (salin)' dan 'paste (tempel)'. Inovasinya ini membuat komputer pribadi menjadi semakin mudah dipelajari dan digunakan.

"Penemu cut/copy & paste ini adalah mantan peneliti Xerox, Larry Tesler. Pekerjaan Anda menjadi lebih mudah berkat ide revolusionernya," demikian tribut dari Xerox, dilansir dari BBC, Kamis (20/2/2020).

Baca Juga: Peneliti Monash University Kembangkan Kecerdasan Buatan Demi Cegah Bunuh Diri

Tesler lahir di Bronx, New York, Amerika Serikat (AS), pada 1945. Dia menimba ilmu di Stanford University di California, AS. Setelah lulus, dia menjadi spesialisasi bidang desain user interface dengan tujuan memudahkan pengguna memakai komputer.

Tesler bekerja untuk sejumlah perusahaan teknologi besar selama karirnya. Dia mulai berkarir di Xerox Palo Alto Research Center (Parc). Steve Jobs kemudian membajaknya, dan Tesler bekerja di Apple selama 17 tahun serta menjadi Chief Scientist.

Setelah hengkang dari Apple, Tesler membuat startup edukasi dan bekerja singkat di Amazon dan Yahoo.

"Setelah menghasilkan uang, Anda tidak begitu saja pensiun, Anda menghabiskan waktu mendanai perusahaan lain. Ada elemen kesenangan yang sangat kuat untuk membagikan apa yang Anda pelajari ke generasi selanjutnya," kata Tesler kepada BBC.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0