Mahasiswa Unpad Temukan Potensi Baru Pengobatan Kanker Usus Besar :: Nusantaratv.com

Mahasiswa Unpad Temukan Potensi Baru Pengobatan Kanker Usus Besar

Kanker menempati urutan ke-4 penyakit mematikan
Mahasiswa Unpad Temukan Potensi Baru Pengobatan Kanker Usus Besar
Berbagai pengobatan terhadap kanker terus diupayakan. (idntimes.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Di Indonesia, kanker menempati urutan ke-4 sebagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Salah satunya kanker kolon atau kanker usus besar.

Berbagai metode pengobatan terhadap kanker terus diupayakan. Harapannya dapat ditemukan metode pengobatan yang efektif dan minim efek samping.

Hal inilah yang mendasari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad), Jawa Barat (Jabar), melakukan penelitian guna menemukan potensi baru dalam pengobatan kanker kolon.

Adalah Wahyu Syahrul Ramadhan, Muhammad Rafly Samodro, dan Annisa Dewi Nugrahani. Mereka melakukan penelitian untuk menemukan efek antikanker yang didapat dari spons laut spesies Aaptos suberitoides terhadap kanker kolon.

Berdasarkan referensi penelitian sebelumnya, spesies spons laut ini memiliki efek antikanker terhadap kanker payudara dan kanker serviks. Spesies ini banyak ditemukan di wilayah Pulau Tinjil, yang terletak di sebelah barat daya Provinsi Banten.

Dengan bimbingan dosen di FK Unpad yakni Muhammad Hasan Bashari, ditemukan bahwa ekstrak Aaptos suberitoides memiliki efek antikanker seperti memiliki efek kematian sel, menghambat pertumbuhan sel, dan juga berpotensi menghambat migrasi sel.

Uniknya, dengan dosis ekstrak yang rendah sudah dapat menyebabkan efek kematian yang tinggi. Diharapkan penelitian ini menjadi harapan baru dan langkah awal perjalanan panjang untuk menemukan obat baru yang berpotensi mengobati kanker kolon, khususnya di Indonesia.

Penelitian ini merupakan Program Kreativitas Mahasiswa untuk kategori Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang berhasil mendapat pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0