NASA Akan Kirim Astronot Wanita Pertama Ke Bulan dan Mars :: Nusantaratv.com

NASA Akan Kirim Astronot Wanita Pertama Ke Bulan dan Mars

Jika anda merasa telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan sebagai calon astronot bisa mendaftar di situs web USAjobs mulai sekarang hingga 31
NASA Akan Kirim Astronot Wanita Pertama Ke Bulan dan Mars
Foto astronot di planet Mars / Foto: Ist

Jakarta, Nusantaratv.com - Kabar gembira bagi orang-orang yang ingin menjadi astronot. Karena lembaga antariksa Amerika Serikat secara resmi telah mengumumkan membuka lowongan bagi para calon astronot.

Dalam rilisnya dikutip dari CNN, Minggu (8/3/2020), Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan NASA ingin mengirim astronot pria lain dan astronot wanita pertama ke bulan pada 2024.

Mereka akan dibantu oleh kelas astronot berikutnya yang merupakan bagian dari program Generasi Artemis. Eksplorasi akan dilanjutkan hingga ke Mars pada pertengahan 2030.

"Amerika lebih dekat daripada waktu lainnya dalam sejarah sejak program Apollo mengembalikan astronot ke Bulan," kata Administrator NASA Jim Bridenstine.

"Kami akan mengirim wanita pertama dan pria berikutnya ke Kutub Selatan Bulan pada 2024, dan kami membutuhkan lebih banyak astronot untuk mengikutinya di bulan, dan kemudian Mars," tambahnya.

Sebelum anda tersesat dalam visi diri saat melayang di ruang angkasa, ingatlah bahwa kompetisi ini sangat ketat. Terakhir kali NASA menerima lowongan untuk astronot pada 2015 silam. Jumlah pelamar memecahkan rekor mencapai 18.300 orang. Hanya sebelas yang dipilih.

"Menjadi seorang astronot bukanlah hal yang mudah, karena tugas seorang astronot tidaklah mudah," timpal Steve Koerner, Direktur Operasi Penerbangan dan Ketua Dewan Penyeleksi Astronot NASA.

"Mereka yang mendaftar kemungkinan akan bersaing dengan ribuan yang telah bermimpi akan bekerja menuju ruang selama yang mereka ingat. Tapi  diantara pelamar itu adalah astronot kami berikutnya. Dan kami berharap dapat bertemu dengan mereka," tandasnya. 

"Sejak 1960-an, 350 orang telah dilatih sebagai kandidat astronot di bawah NASA, kata badan itu. Saat ini, ada 48 astronot di korps astronot yang aktif, tetapi agensi mengatakan perlu lebih dari mereka untuk membantu lebih lanjut upaya eksplorasi. NASA mengatakan para astronot baru dapat hidup dan bekerja di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan mengambil bagian dalam percobaan yang mempersiapkan eksplorasi ruang angkasa yang lebih jauh. Atau mereka bisa meluncurkan pesawat ruang angkasa baru dan berlabuh di Gateway, pesawat ruang angkasa baru yang direncanakan NASA yang akan mengorbit bulan. Setelah agen menyelesaikan pendaratannya di bulan kedua pada 2024, ia berencana untuk mengirim astronot ke bulan setiap tahun dengan ekspedisi. Upaya-upaya eksplorasi itu diharapkan akan membantu badan tersebut bersiap untuk mengirim orang ke Mars pada pertengahan 2030-an, kata NASA.

Jika anda merasa telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan sebagai calon astronot. Anda dapat mendaftar di situs web USAjobs mulai sekarang hingga 31 Maret.

Tetapi salah satu syaratnya pelamar harus warga negara AS dan memiliki gelar lanjutan dalam bidang STEM, setidaknya memiliki dua tahun pengalaman profesional terkait,  atau setidaknya 1.000 jam terbang sebagai  pilot di pesawat jet.

Dan, kandidat  juga harus melewati penilaian spaceflight NASA jangka panjang dan penilaian online. NASA mengatakan akan memilih kelas kandidat baru pada pertengahan 2021.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0