NASA Siapkan Misi Mars 2020 di Tengah Pandemi Corona :: Nusantaratv.com

NASA Siapkan Misi Mars 2020 di Tengah Pandemi Corona

NASA Kirim Pesawat Penjelajah Baru ke Mars Dalam Misi Eksplorasi ke Planet Merah di Tengah Pandemi COVID-19.
NASA Siapkan Misi Mars 2020 di Tengah Pandemi Corona
Robot penjelajah NASA ke Mars. (NASA)

Jakarta, Nusantaratv.com - Dunia saat ini masih dihantui wabah virus corona (COVID-19). Sejauh ini, virus telah menyebar ke 170 negara dan menyebabkan ratusan ribu orang terinfeksi hingga menyebabkan kematian.

Guna memerang penyebaran virus corona, sejumlah negara juga menerapkan lockdown, serta memaksa masyarakat melakukan social distancing (jarak sosial), dan memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah (work from home).

Namun, badan antariksa Amerika Serikat (NASA) sepertinya tidak terpengaruh dengan wabah COVID-19. Mereka bersiap mengirim pesawat penjelajah baru ke Mars dalam misi eksplorasi ke Planet Merah itu, seperti dilansir dari VOAindonesia, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga: Foto NASA Ungkap Lubang Misterius di Mars, Tempat Kehidupan Alien?

Verónica Villafañe, reporter VOA melihat kendaraan ruang angkasa itu dari dekat dan berbicara dengan anggota misi. Kendaraan antariksa milik NASA ini rencananya dikirim ke Mars dalam sebuah misi khusus.

Misi luar biasa ini berupaya menemukan kehidupan di permukaan Mars - kata Diana Trujillo, teknisi Aerospace.

Diana Trujillo, insinyur antariksa asal Colombia bertanggung jawab mengendalikan lengan robot penjelajah itu. Dia menjelaskan peran robot itu dalam pengumpulan sampel tanah, eksplorasi, dan merintis jalan untuk eksplorasi lebih lanjut, serta menyiapkan kemungkinan manusia bisa tinggal di Mars di masa depan.

Yang sedang kami lakukan adalah memahami lebih lanjut tentang Mars, mengevaluasi keberadaan air atau oksigen bagi manusia untuk dapat tinggal di sana - terangnya.

Nantinya, robot penjelajah Mars itu akan menguji sejumlah instrumen baru yang dapat mengubah atmosfer Mars menjadi oksigen, mendeteksi air tanah, dan mengumpulkan sampel selama lebih dari dua setengah tahun. Selain itu, robot tersebut juga memiliki sistem pendaratan baru yang lebih baik kualitasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0