Oppo Rilis Sistem Anti Kecanduan Game, Batasi Penggunaan untuk Anak di Bawah Umur :: Nusantaratv.com

Oppo Rilis Sistem Anti Kecanduan Game, Batasi Penggunaan untuk Anak di Bawah Umur

Game yang Dijalankan Oppo Dengan Sistem Anti Kecanduan Akan Mengharuskan Pengguna Mendaftarkan Otentikasi Nama Asli.
Oppo Rilis Sistem Anti Kecanduan Game, Batasi Penggunaan untuk Anak di Bawah Umur
Ilustrasi. (Gizmochina)

Jakarta, Nusantaratv.com - Oppo baru saja merilis sistem anti kecanduan game baru mereka. Sistem itu akan membatasi dan mengontrol lama bermain game pengguna di bawah umur atau pengguna yang tidak terdaftar.

Dilansir dari Gizmochina, Kamis (19/3/2020), sistem ini adalah bagian dari gelombang pertama sistem sejenis yang dirilis vendor smartphone ini guna memerangi kecanduan game seluler.

Menurut informasi resmi, game yang dijalankan pada smartphone Oppo dengan sistem anti kecanduan akan mengharuskan pengguna mendaftarkan otentikasi nama asli. Hal ini wajib dan harus diisi.

Dengan kata lain, data identitas asli harus diberikan jika mereka ingin membeli game atau pembelian sejenisnya. Sistem baru ini secara otomatis akan membatasi pengguna di bawah usia 8.

Baca Juga: Jutaan Anak di Italia Main Fortnite Imbas Lock Down COVID-19

Dengan begitu mereka tidak bisa membelanjakan uang lebih dari 50 yuan atau sekitar Rp112 ribu dalam satu transaksi. Sedangkan jumlah transaksi maksimal per bulan adalah 200 yuan atau sekitar Rp448 ribu.

Sementara untuk pengguna di atas usia 16 tahun tapi di bawah 18 tahun, tidak bisa melakukan transaksi tunggal melebihi 100 yuan atau sekitar Rp224 ribu atau 400 yuan atau sekitar Rp896 ribu dalam sebulan.

Oppo dan vendor smartphone lainnya menghadapi dampak dari pandemi virus corona (COVID-19). Tapi perusahaan asal China itu berusaha menerapkan sistem baru ini sesegera mungkin. Anak di bawah umur dengan kecanduan game adalah masalah yang besar di negara-negara Asia Tenggara. 

China memiliki banyak Undang-Undang dan pedoman ketat untuk secara aktif mengatasi hal ini. Tencent Games, publisher game besar dari Tiongkok, baru-baru ini mengumumkan mereka akan menjalankan beberapa uji coba game untuk mempromosikan kebijakan anti kecanduan game yang dimulai bulan ini.

Selain itu, pemerintah China membatasi rilis game baru. Kendati masih harus dilihat seberapa efektif sistem anti kecanduan game Oppo baru ini atau langkah dari pemerintah daerah setempat.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0