Pemerintah AS Dekati Facebook dan Google Minta Data Lokasi untuk Lacak COVID-19 :: Nusantaratv.com

Pemerintah AS Dekati Facebook dan Google Minta Data Lokasi untuk Lacak COVID-19

Pemerintah AS Minta Data Lokasi untuk Membantu Melacak Penyebaran Virus Corona.
Pemerintah AS Dekati Facebook dan Google Minta Data Lokasi untuk Lacak COVID-19
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketika seseorang diidentifikasi dengan penyakit menular, salah satu yang harus dilakukan petugas kesehatan adalah menentukan di mana orang itu berada saat tertular penyakit tersebut.

Selain itu, dengan siapa mereka berhubungan. Hal ini memungkinkan untuk mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut. Saat ini, dengan wabah virus corona (COVID-19), pemerintah Amerika Serikat (AS) dikabarkan mendekati sejumlah perusahaan teknologi seperti Facebook dan Google.

Tujuannya, seperti dilansir dari Ubergizmo, Rabu (18/3/2020), pemerintah AS ingin meminta data lokasi, yang akan digunakan dalam membantu melacak penyebaran virus corona serta memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mencegah penyebaran virus mematikan itu, dan seberapa jauh jarak sosial yang efektif.

Baca Juga: Bill Gates Sudah Ramalkan Pandemi Virus Corona Lima Tahun Lalu, Tapi Semua Cuek

Bisa dipahami, ada beberapa orang mungkin tidak nyaman dengan kabar ini terkait memberikan data kepada pemerintah karena dianggap sebagai pelanggaran privasi. Dengan penyebaran yang makin masif dan jumlah kasus virus corona yang makin meningkat, mungkin tidak ada banyak pilihan.

Namun, untuk menenangkan kegelisahan pengguna Facebook dan Google, pemerintah AS menegaskan tidak ada rencana untuk membangun basis data pemerintah, dan informasi yang diperoleh akan digunakan untuk membantu memberikan pihak berwenang dan peneliti mengetahui bagaimana penyebaran virus corona ini. 

Selain juga akan digunakan untuk membantu memprediksi hotspot potensial, yang akhirnya memungkinkan pemerintah dalam mengalokasikan sumber daya kesehatan secara lebih efisien dan efektif.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0