Samsung Luncurkan Teknologi FinFET 14nm untuk Sensor Gambar 144MP :: Nusantaratv.com

Samsung Luncurkan Teknologi FinFET 14nm untuk Sensor Gambar 144MP

Samsung Beberkan Tantangan Utama Image Sensor Gambar yang Diperkenalkannya Harus Bekerja Pada Tegangan yang Relatif Tinggi.
Samsung Luncurkan Teknologi FinFET 14nm untuk Sensor Gambar 144MP
Samsung Luncurkan Teknologi FinFET 14nm untuk Sensor Gambar 144MP. (GSM Arena)

Jakarta, Nusantaratv.com - Biasanya, ketika berbicara mengenai nanometer, maka hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari chipset terbaru. Namun, Samsung pada konferensi IEEE International Electron Devices Meeting (IEDM) 2019 berbicara tentang teknologi yang menjanjikan sensor gambar 144MP berbasis fabrikasi FinFET 14nm.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (17/12/2019), Samsung membeberkan bahwa tantangan utama image sensor gambar yang diperkenalkannya tersebut harus bekerja pada tegangan yang relatif tinggi (lebih tinggi dari 2V). Tetapi, disisi lain, semua perancang chipset bertujuan untuk membuat tegangan serendah mungkin. Hal itu dilakukan karena ingin mengurangi konsumsi daya dan panas.

Baca Juga: Samsung Bantah Klaim Penjualan 1 Juta Unit Galaxy Fold

Penelitian dari raksasa teknologi asal Korea Selatan (Korsel) ini mengungkap bahwa teknologi FinFET 14nm akan memungkinkan pengurangan hingga 42 persen dalam konsumsi daya pada sensor 144MP saat mengambil gambar pada 10fps. Sedangkan untuk 12MP pada 30-120fps (video recording), penghematan daya dapat mencapai 37 persen.

Yang menjadi perhatian adalah bahwa pengumuman ini tidak ada hubungannya dengan ukuran piksel. Sebaliknya, 14nm merujuk pada transistor yang memperkuat sinyal yang berasal dari piksel bersama dengan perangkat keras pemrosesan analog dan digital lainnya yang ada pada sensor gambar.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0