Simadu, Pelayanan Posyandu Berbasis Aplikasi Android Inovasi Dosen UI :: Nusantaratv.com

Simadu, Pelayanan Posyandu Berbasis Aplikasi Android Inovasi Dosen UI

Simadu salah satu bentuk aksi nyata untuk mendukung program SDGs
Simadu, Pelayanan Posyandu Berbasis Aplikasi Android Inovasi Dosen UI
Dosen FIK UI gagas pelayanan Posyandu berbasis aplikasi android. (Dok. Humas UI)

Jakarta, Nusantaratv.com - Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) berbasis IPTEK dari Departemen Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar (DKKD) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), menghadirkan Aplikasi berbasis Android bernama Simadu.

Lewat Simadu (Sistem Informasi Posyandu), para kader di Posyandu akan memiliki data bayi, balita, dan ibu hamil bersifat online yang dapat diisi maupun diakses baik kader posyandu maupun perawat di Puskesmas.

Simadu memberikan kemudahan dalam melakukan pengisian data orangtua, ibu hamil, pasangan usia subur, bayi dan balita, serta perkembangan bayi melalui fitur riwayat imunisasi berdasarkan tanggal imunisasi.

Simadu menjadi salah satu sistem administrasi dan dokumentasi yang dapat digunakan untuk mengakomodasi dan memudahkan para kader posyandu dalam melakukan pencatatan serta pelaporan berbagai kegiatan di posyandu, dimana hasil akhir pelaporan berbentuk Microsoft Excel.

Fitur yang dimiliki Simadu adalah daftar posyandu, daftar orang tua, daftar bayi, daftar balita, daftar wanita usia subur atau pasangan usia subur, dan daftar Ibu hamil.

Tim Pengmas FIK UI yakni La Ode Abdul Rahman, Hanny Handiyani, dan Shanti Farida Rachmi, serta empat mahasiswa yaitu Friska, Vergeina Ayu, Muhammad Aziz, dan Fakhri Muhammad Rizaldi.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan Simadu, tim Pengmas FIK UI menggelar sosialisasi pada Jumat (12/7/2019). Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi topik terkait sistem informasi Posyandu, SDGs, aplikasi Simadu, pendampingan serta evaluasi program sistem informasi Posyandu.

"Posyandu menjalankan fungsi penting di dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bayi, balita dan pasangan usia subur. Demikian pula, para tim penggerak dan kader Posyandu menjalankan peran penting di dalam meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu," ujar La Ode Abdul Rahman, Ketua Tim Pengmas FIK UI, dilansir situs resmi UI, Jumat (19/7/2019).

"Untuk itu, kami mempersiapkan sistem pendokumentasian yang mudah digunakan kader dalam melaporkan data terkait Posyandu. Tim Pengmas juga menggelar pelatihan bagi mereka guna meningkatkan kualitas dan pemanfaatan sistem informasi pada setiap aktivitas Posyandu," lanjutnya. 

"Kami berharap, Simadu menjadi salah satu bentuk aksi nyata untuk mendukung program SDGs di dalam menciptakan kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan di segala usia yang sangat penting untuk pembangunan berkelanjutan," tambah La Ode.

Pelayanan Posyandu berbasis android Simadu merupakan produk Pengmas yang didukung dana hibah DRPM UI. Diharapkan aplikasi ini memberikan kemudahan dan keteraturan sistem informasi dan database di dalam Posyandu guna meningkatkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0