Sundar Pichai, Bos Google Keturunan India Ini Kantongi Saham Rp3,3 Triliun :: Nusantaratv.com

Sundar Pichai, Bos Google Keturunan India Ini Kantongi Saham Rp3,3 Triliun

Sundar Pichai Dipercaya Sebagai CEO Google Pada 2015 dengan Menerima Gaji Tahunan USD652.500.
Sundar Pichai, Bos Google Keturunan India Ini Kantongi Saham Rp3,3 Triliun
CEO Google Sundar Pichai. (Therahnuma)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sundar Pichai, pria kelahiran India, CEO Google, yang baru saja diangkat sebagai CEO Alphabet, dalam tiga tahun ke depan akan menerima jatah saham berdasarkan performa sebesar USD240 juta atau sekitar Rp3,3 triliun. (USD1 = Rp13.966)

Penghargaan yang diberikan kepada Pichai merupakan nilai saham tertinggi yang pernah diterima seorang eksekutif di Google. Tak hanya itu, Pichai juga akan mengantongi USD2 juta setiap tahun untuk gajinya mulai 2020.

Dalam hal pemberian saham yang diperoleh saat penunjukan CEO, memang masih di bawah USD376 juta pada Tim Cook ketika dia mengambil alih Apple - ujar Amit Batish, manajer pemasaran di Equilar, sebuah perusahaan yang meneliti pendapatan untuk para eksekutif, seperti dilansir dari Reuters.

Ketika Pichai mulai dipercaya sebagai CEO Google pada 2015, dia menerima gaji tahunan sebesar USD652.500. Tapi, pada tahun berikutnya, penghasilannya meroket, berkat jatah saham senilai USD199 juta. Ini nominal tertinggi yang pernah diberikan untuk CEO Alphabet manapun saat itu.

Baca Juga: Pencitraan Satelit Google Maps Cakup Lebih Dari 98 Persen Populasi Dunia

Pichai mendapatkan apresiasi setelah menjadikan browser Google chrome sukses besar dan dipandang sebagai calon penerus CEO Microsoft Corp (MSFT.O) Steve Ballmer sebelum Satya Nadella mengambil alih pada Februari 2014.

Co-founder Google Larry Page dan Sergey Brin mengundurkan diri awal bulan ini sebagai pemimpin raksasa internet yang mereka dirikan 21 tahun lalu, hingga memberi kepercayaan sekaligus melimpahkan tanggung jawab pada Pichai.

Pichai yang merupakan kelahiran Madurai, Tamil Madu, India, 47 tahun silam itu, meraih gelar sarjananya dari Indian Institute of Technology Kharagpur. Dia juga memperoleh gelar M.S. dari Universitas Stanford, dan MBA dari Wharton School, Universitas Pennsylvania.

Pichai bergabung dengan Google pada 2004, dan kariernya melesat dengan menjabat sebagai pimpinan manajemen produk dan inovasi perangkat lunak klien Google, termasuk Google Chrome, Chrome OS, dan Google Drive. Pichai juga bertanggungjawab atas pengembangan aplikasi seperti Gmail dan Google Maps. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0