Surati CEO Facebook Mark Zuckerberg, Ini Permintaan Rudiantara :: Nusantaratv.com

Surati CEO Facebook Mark Zuckerberg, Ini Permintaan Rudiantara

Upaya menangkal penyebaran hoaks di platform media sosial Facebook
Surati CEO Facebook Mark Zuckerberg, Ini Permintaan Rudiantara
Menkominfo Rudiantara. (surabayapagi.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengirim surat kepada CEO Facebook, Mark Zuckerberg, pada Juni ini.

Surat itu terkait permintaan rencana pendaftaran akun baru Facebook menggunakan nomor telepon selular (ponsel). 

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya menangkal atau menghindari penyebaran hoaks di platform media sosial Facebook. 

"Saya minta ke Facebook untuk pembukaan account referensinya yang di Indonesia, terserah yang di negara lain, itu menggunakan (nomor) ponsel," ujar Rudiantara, di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Diketahui, bila selama ini untuk melakukan registrasi media sosial, seperti Facebook dan Instagram, cukup dengan memasukan alamat email, tanpa memasukan nomor ponsel pengguna. 

Menurut menteri berusia 60 tahun itu, aturan tersebut bakal memudahkan pihak berwenang untuk mendeteksi identitas pemilik akun.

Kehadiran regulasi registrasi SIM card prabayar juga dapat membantu melacak awal mula penyebaran hoaks yang terjadi di media sosial. Registrasi SIM card prabayar sendiri sudah diberlakukan sejak Mei 2018.

"Ponsel yang prabayar pun di Indonesia sudah mulai registrasi, jadi kita menghindarkan yang namanya dark media sosial," tambah pria kelahiran Bogor, Jawa Barat, 3 Mei 1959 itu.
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0