Tahun Depan, China Rilis Pengganti GPS :: Nusantaratv.com

Tahun Depan, China Rilis Pengganti GPS

China Mengambil Langkah Lebih Jauh Dengan Merilis GPS Mereka Sendiri Pada 2020.
Tahun Depan, China Rilis Pengganti GPS
Ilustrasi bendera China. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketegangan terjadi di antara beberapa negara. Dampaknya beberapa negara memutuskan untuk memisahkan diri dari ketergantungan terhadap negara lain.

Contohnya, baru-baru ini Rusia berhasil menguji internet mereka sendiri. Dengan begitu, mereka bisa memfilter konten dari situs eksternal.

Dilansir dari Ubergizmo, Selasa (31/12/2019), negara seperti China berupaya sekuat mungkin mengurangi pengaruh Barat dengan menyensor konten dan memblokir aplikasi di negara mereka. Kini, China mengambil langkah lebih jauh dengan merilis GPS (Global Positioning System) mereka sendiri pada 2020.

Baca Juga: Samsung Pamerkan Keyboard Virtual Eksperimental AI

Jaringan satelit Beidou China mungkin dirilis pada 2020. Dengan jaringan ini, perangkat yang ada di Negara Tirai Bambu itu bisa memisahkan diri dari teknologi buatan Amerika Serikat (AS). GPS sendiri dioperasikan AS. Jadi secara teori AS memiliki kemampuan melumpuhkan negara lain demi kepentingan politik atau militer.

Seperti yang terjadi saat ini bila AS memasukkan Huawei ke dalam daftar entitas. Jadi Huawei tidak dapat menggunakan teknologi serta produk buatan negara Adikuasa itu. Langkah ini berdampak pada smartphone dan komputer besutan Huawei.

Dan dengan merilis GPS sendiri, membuat China selangkah lebih dekat dari upaya mereka untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi asing.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0