Thermo Gun, Alat Tembak Pengukur Suhu Tubuh :: Nusantaratv.com

Thermo Gun, Alat Tembak Pengukur Suhu Tubuh

Maraknya wabah virus corona mengenalkan orang pada satu alat deteksi suhu tubuh yang dikenal dengan nama Thermo Gun.
Thermo Gun, Alat Tembak Pengukur Suhu Tubuh
Thermo gun semakin marak digunakan akibat virus Corona./Tech Times

Nusantaratv.com - Maraknya wabah virus corona mengenalkan orang pada satu alat deteksi suhu tubuh yang dikenal dengan nama Thermo Gun. Alat ini kini sering terlihat di pegang oleh seorang petugas di pintu-pintu masuk, baik di kantor maupun di tempat-tempat keramaian seperti bandara, stasiun MRT dan lain sebagainya. 

Dilansir dari laman serecontrols dan  sensortips, thermo gun adalah alat bantu untuk mengukur suhu tubuh atau temperatur seseorang tanpa menyentuh objek. Alat ini menggunakan radiasi inframerah yang dapat mengukur suhu tubuh dengan cepat dan akurat. Semakin dekat alat ke objek yang dideteksi, maka hasilnya pun semakin akurat.

Semakin dekat dengan objek semakin akurat suhu yang dihasilkan. (Foto: Reuters)

Ukurannya kecil, sehingga thermo gun mudah dibawa kemana-mana. Biasanya, petugas akan mengarahkan termometer ke kening seseorang yang akan diukur suhu tubuhnya. Suhu badan kemudian akan muncul di layar bagian belakang.

Karena ukurannya kecil dengan bentuk seperti pistol, alat ini mudah dibawa kemana-mana.  Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya melewati suhu rata-rata manusia normal yakni sekitar 37,5 derajat Celcius. Kenaikan suhu tubuh inilah salah satu cara mendeteksi secara dini seseorang terjangkit virus corona.

Lalu, bagaimana cara kerja thermo gun?

Begini Cara Kerja Thermo Gun, Si Tembakan Pengukur Suhu

Suhu akan ditampilkan di layar bagian belakang. (Foto: Temperature World)

Baca Juga: WHO Imbau Masyarakat Dunia Tak Pakai Ibuprofen untuk Obati Coronavirus

Prinsip dasar termometer inframerah ini adalah semua objek memancarkan energi inframerah. Semakin panas suhunya, maka semakin aktif pula molekul dan semakin banyak energi infra merah yang dipancarkan.

Untuk mendeteksi sebuah objek, thermo gun akan menyerap radiasi elektromagnetik yang dipancarkan atau dipantulkan oleh sebuah objek yang sedang dibidik. Sinar inframerah tersebut nantinya menembus lensa termometer dan menuju ke sebuah alat pendeteksi suhu bernama thermopile.

Lewat thermopile, radiasi diubah menjadi energi panas dan dikonversikan menjadi energi listrik. Energi listrik ini nantinya akan diukur oleh termometer dan menampilkan suhuh di balik layar thermo gun.

Thermo gun tidak hanya dapat mengukur suhu tubuh seseorang, melainkan juga mesin, peralatan, api, dan elemen lainnya. Harganya pun cukup mahal. Kamu harus merogoh kocek jutaan rupiah untuk mendapatkan thermo gun.

Sumber: merahputih.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0