Ultronic FTP, Teknologi untuk Mempercepat Pasteurisasi-Fermentasi Susu :: Nusantaratv.com

Ultronic FTP, Teknologi untuk Mempercepat Pasteurisasi-Fermentasi Susu

Produk olahan susu tidak hanya diproduksi pabrik-pabrik besar
Ultronic FTP, Teknologi untuk Mempercepat Pasteurisasi-Fermentasi Susu
Mesin Pasteurisasi-Fermentasi susu ala Ultronic FTP. (ub.ac.id)

Jakarta, Nusantaratv.com - Susu merupakan salah satu hasil dari komoditas peternakan. Produk olahan susu dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko di seluruh negara mulai dari susu pasturisasi, yagurt, keju dan produk olahan lainya. 

Produk olahan susu tersebut tidak hanya diproduksi pabrik besar. Di Indonesia, susu pasturisasi dan yogurt khususnya, banyak diproduksi oleh usaha kecil dan menengah (UKM). Sehingga di Indonesia produk susu dengan berbagai brand kecil banyak ditemukan.

Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), merupakan salah satu kota dengan tingkat produksi susu yang cukup tinggi. Kecamatan Dau merupakan wilayah sentra produksi susu di Kota Malang.

Banyak UKM yang bergerak dalam produksi pengolahan susu berkumpul di wilayah ini. Namun, yang menjadi masalah adalah, UKM masih menggunakan cara atau metode konvensional selama pengolahannya. Sehingga waktu produksi yang diperlukan cukup lama serta terdapat kemungkinan terjadinya kontaminasi ulang pada susu saat pendinginan.

Tim Ultronic Indonesia hadir membawa inovasi baru berupa alat pasturisasi serta fermentasi dengan teknologi gelombang ultrasonik untuk mempercepat proses produksi susu pasturisasi dan yogurt.

Inovasi yang ditawarkan adalah alat multi-purpose yakni satu alat dengan dua fungsi berupa pasturisasi dan fermentasi dengan pemanfaatan gelombang ultrasonik untuk membunuh bakteri dan mempercepat proses fermentasi.

Alat ini mudah digunakan karena dilengkapi dengan sistem automatisasi serta design yang portable sehingga mudah untuk dipindahkan dan tidak memerlukan tempat yang luas.

Adalah Mochammad Naufal Zuhair Annasai (TIP'16), Luki Agus Surisdianto(TIP'16), Dimastyaji Yusron Nurseta (TEP'17), Dwi Uchtiyawati Rohmah(THP'17), dan Miftahus Sa'diyah (THP'17), telah mengikutsertakan alat inovasi mereka pada beberapa lomba karya inovasi seperti YSIS (Young Scientist International Seminar) 2019 serta SGM (Scientific Great Moment) yang akan dilaksanakan pada September mendatang.

Mengenai keberlanjutan dari pengembangan Ultronic, Naufal mengatakan target serta harapan dalam pengembangan alat ini.

"Ultronic yang kami bawa ini merupakan alat yang didesign dengan teknologi terbaru dan modern denga tujuan agar para UKM dapat meningkatkan kualitas serta efektifitas dari produk susu yang dihasilkan," ujar Naufal, dilansir dari situs resmi Universitas Brawijaya, Jumat (12/7/2019).

"Ke depannya kami masih akan terus melakukan evaluasi serta penyesuaian terhadap Ultronic sehingga Ultronic bisa menjadi lebih baik dan efektif," lanjutnya.

Tak lupa, tim Ultronic mengucapkan terimakasih kepada Elok Zubaidah, selaku dosen pembimbing, yang sudah senantiasa sabar dalam membimbing serta memberikan support untuk suksesnya tim.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada rekan-rekan yang sudah membantu dan mensupport kami selama penelitian kami berjalan, serta kami juga berterimakasih kepada Bu Elok selaku dosen pembimbing kami yang senantiasa memberikan semangat serta mengajarkan kami untuk learning by doing. Semoga ke depnnya Ultronic mampu untuk memberikan manfaat bagi UKM susu serta seluruh masyarakat Indonesia," tukas Naufal.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0