Wabah COVID-19, Spanyol Kerahkan Robot yang Mampu Tes 80 Ribu Pasien per Hari :: Nusantaratv.com

Wabah COVID-19, Spanyol Kerahkan Robot yang Mampu Tes 80 Ribu Pasien per Hari

Pemerintah Spanyol Yakin Penggunaan Robot Meningkatkan Jumlah Masyarakat yang Dites COVID-19 per Hari.
Wabah COVID-19, Spanyol Kerahkan Robot yang Mampu Tes 80 Ribu Pasien per Hari
Ilustrasi COVID-19. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Spanyol akan mengerahkan robot yang mampu menguji 80 ribu pasien per hari dalam memerangi wabah virus corona (COVID-19). 

Dilansir dari Daily Mail, Senin (23/3/2020), Spanyol saat ini merupakan negara Eropa yang terpapar wabah COVID-19 kedua setelah Italia yang sejauh ini melaporkan 28.603 kasus yang dikonfirmasi dan 1.756 kasus kematian.

Pemerintah Spanyol meyakini penggunaan robot akan meningkatkan jumlah masyarakat yang dites per hari. Saat ini jumlah masyarakat yang dites untuk COVID-19 mencapai 15 ribu hingga 20 ribu per hari. Dengan penggunaan robot ini diharapkan bisa membantu mengendalikan penyebaran patogen mematikan tersebut.

Rencana untuk tes otomatis melalui robot sudah didesain, dan Spanyol berencana membeli empat robot yang memungkinkan melakukan 80 ribu tes per hari - kata Raquel Yotti, Kepala Madrid's Health Institute Carlos III.

Baca Juga: Facebook Sumbang 720 Ribu Masker untuk Petugas Medis COVID-19

Namun masih belum diketahui kapan robot tersebut akan dikerahkan atau bagaimana tepatnya mereka akan beroperasi. Pengumuman itu muncul setelah Perdana Menteri (PM) Pedro Sanchez memperingatkan jika hal terburuk belum muncul

Kami belum menerima dampak yang paling kuat, gelombang yang paling merusak, yang akan menguji kemampuan materi dan moral kami hingga batasnya, serta semangat kami sebagai masyarakat - ujar PM Pedro.

Pandemi COVID-19 telah membuat kewalahan pelayanan kesehatan negara itu. Pemerintah Kota Madrid, yang merupakan pusat penyebaran COVID-19 di Spanyol, baru-baru ini mengumumkan jika mereka sekarang akan menggunakan hotel sebagai rumah sakit darurat.

Diperkirakan pihak berwenang juga akan mengambil sejumlah langkah lain di seluruh negeri untuk mengurangi dampak keuangan dari pandemi COVID-19.

Hal ini juga akan mencakup paket bantuan untuk industri pariwisata dan transportasi serta menjamin hingga 100 miliar euro (£ 92,3 miliar) pinjaman untuk membantu bank membebaskan kredit untuk perusahaan kecil.
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0