Waduh! Google Akui Bagikan Video Pribadi ke Orang Asing :: Nusantaratv.com

Waduh! Google Akui Bagikan Video Pribadi ke Orang Asing

Google Mengatakan Masalah Tersebut Terjadi Pada 21 November Hingga 25 November 2019.
Waduh! Google Akui Bagikan Video Pribadi ke Orang Asing
Ilustrasi Google Photos. (Business Insider)

Jakarta, Nusantaratv.com - Google mengakui pihaknya tanpa sengaja mengirimkan video pribadi milik sejumlah pengguna Google Photos kepada orang asing melalui salah satu layanannya.

Hal tersebut diakibatkan adanya kendala teknis (bug) pada layanan Google Takeout. Google mengatakan masalah tersebut terjadi pada 21 November hingga 25 November 2019. Dan, ada sejumlah video pribadi milik pengguna yang diunggah lewat Google Photos, juga ikut terunduh oleh pengguna lain.

Bagi pengguna yang video pribadinya dibagikan Google ke pihak asing, perusahaan mesin pencarian itu memberi tahu pengguna melalui email soal kesalahan tersebut. Namun, Google tidak memberikan rincian tentang berapa banyak orang yang terpengaruh, jumlah video individual yang didistribusikan secara tidak benar, atau kepada siapa video itu dibagikan.

Baca Juga: Maret Nanti, YouTube Bakal Hapus Tampilan Klasiknya di Komputer 

"Kami memberi tahu orang-orang tentang bug yang mungkin memengaruhi pengguna yang menggunakan Google Takeout untuk mengekspor konten Google Photos mereka pada periode 21 November dan 25 November lalu," jelas juru bicara Google dalam sebuah pernyataan kepada 9to5Google, seperti dilansir dari The Verge, Rabu (5/2/2020). 

Kendati demikian, Google saat ini telah memperbaiki kesalahan tersebut, setelah lima hari mengetahui masalah ini. Sementara itu, 9to5Google melaporkan, masalah ini hanya berdampak pada 0,01 persen pengguna Google Photos yang memanfaatkan layanan Google Takeout.

Google juga telah meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkannya tersebut. "Para pengguna ini mungkin telah menerima arsip yang tidak lengkap, atau video, bukan foto yang bukan milik mereka," lanjutnya. 

"Kami memperbaiki masalah mendasar dan telah melakukan analisis mendalam untuk membantu mencegah hal ini terjadi lagi. Kami sangat menyesal ini terjadi," tukas juru bicara Google.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0