Wagub Jatim: Teknologi Artificial Intelligence Itu Nyata Dalam Kehidupan :: Nusantaratv.com

Wagub Jatim: Teknologi Artificial Intelligence Itu Nyata Dalam Kehidupan

Artificial intelligence tidak hanya produk Hollywood
Wagub Jatim: Teknologi Artificial Intelligence Itu Nyata Dalam Kehidupan
Wagub Jatim Emil Dardak. (wartanasional.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim), Emil Dardak, mengatakan tantangan hidup di era reformasi industri 4.0 yang ditandai dengan penggunaan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan. 

Emil mencontohkan ada dua software akuntansi yang diuji seberapa canggihnya. Salah satu software itu 90 persen bisa melakukan apa yang dilakukan oleh seorang akuntan. Artinya, software tersebut hampir bisa menggantikan fungsi seorang akuntan.

"Jadi artificial intelligence ini tidak hanya produk Hollywood yang ada di film. Bukan lagi hanya ada di film Terminator, tapi betul-betul telah menjadi nyata dalam kehidupan kita," ujar Emil saat memberikan orasi ilmiah di IAIN Tulungagung, Jatim, dikutip nusantaratv dari situs resmi Kemenag, Minggu (23/6/2019).

Lebih lanjut, kata Emil, kecerdasan buatan tersebut dipastikan akan terus berkembang, dan jika masih terus teks book dan tidak merubah paradigma menjadi creativity, maka ini sangat berbahaya. 

"Manusia akan semakin dikalahkan oleh teknologi. Oleh karena itu, perlu kita mencari jawaban atas tantangan zaman ini," lanjut Emil. 

Menurut Emil, jawaban itu adalah agama. Karena dengan agama, manusia dituntunt untuk meningkatkan kemampuan spiritualnya yang tidak mungkin dimiliki oleh sebuah mesin.

Sebelum mengakhiri orasinya, Emil berharap kepada segenap wisudawan supaya terus meningkatkan keilmuannya dan selalu mengasah kemampuan spiritual mereka sehingga siap untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks ini.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0