Waspada! Hacker Retas Website Penyedia Informasi Virus Corona untuk Instal Malware :: Nusantaratv.com

Waspada! Hacker Retas Website Penyedia Informasi Virus Corona untuk Instal Malware

Para Peneliti Sebelumnya Telah Menyoroti Dasbor Online yang Membantu Melacak Dampak Virus Corona.
Waspada! Hacker Retas Website Penyedia Informasi Virus Corona untuk Instal Malware
Ilustrasi peta penyebaran hacker terkait informasi soal virus corona. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah virus corona sebagai status darurat. Kondisi ini dimanfaatkan hacker (peretas) untuk mengambil keuntungan dari situasi di dunia digital.

Para peneliti sebelumnya telah menyoroti dasbor online yang membantu melacak dampak virus corona. Kendati itu adalah sumber asli, peretas potensial membuat klon dari situs web asli atau membuat situs web berbeda yang mengklaim sebagai sumber nyata.

Misalnya, pengguna mungkin memperhatikan beberapa situs web seperti coronavirus-real-map.com atau coronavirus-realtime.com, seperti itulah yang sangat rawan dibuat klon para hacker.

Baca Juga: Bisa Dideteksi Lewat Smartphone, Aplikasi Pelacak Virus Corona Laku Keras 

Dilansir dari Ubergizmo, Kamis (12/3/2020), akibat maraknya virus corona, hampir semua masyarakat dunia mengunjungi web tersebut. Kendati pengguna mungkin masih mendapatkan informasi yang benar dari situs web palsu itu. 

Namun, situs web tidak resmi mungkin meminta pengguna untuk menginstal aplikasi atau mengumpulkan informasi pribadi terlebih dahulu dengan cara apa pun. Beberapa situs web yang dilaporkan mendorong pengguna menginstal aplikasi jahat di Windows yang berpotensi membahayakan sistem.

Cara terbaik untuk menjauh dari situs tidak resmi adalah dengan melihat URL di bilah alamat browser. Jika URL memiliki arcgis.com sebagai nama domain, pengguna berada di tempat yang tepat. Untuk referensi, pengguna dapat menandai situs web sumber asli.

Jika terdapat sesuatu yang berbeda, maka situs web berbasis komunitas baru atau situs web palsu itu bisa membahayakan sistem. TheNextWeb melaporkan kondisi ini secara khusus merupakan ancaman bagi komputer yang didukung Windows. Namun, pengguna disarankan untuk menjauh dari situs web pihak ketiga kecuali yakin soal validitas mereka.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0