Waspada! Kecanduan Smartphone Bisa Ubah Otak Secara Fisik :: Nusantaratv.com

Waspada! Kecanduan Smartphone Bisa Ubah Otak Secara Fisik

Orang yang Didiagnosa Memiliki Kecanduan Smartphone Ternyata Memiliki Otak yang Berubah Bentuk Fisiknya.
Waspada! Kecanduan Smartphone Bisa Ubah Otak Secara Fisik
Kecanduan smartphone bisa mengubah otak secara fisik. (Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sebagian besar orang dipastikan saat ini memiliki smartphone. Terlebih, perangkat ini dibekali berbagai fitur. Tak hanya sekadar menelepon, tapi juga menjelajahi internet, bermain game, menggambar, merekam video dan foto berkualitas tinggi, dan banyak lagi. 

Dengan begitu, tidak mengherankan jika banyak orang saat ini menghabiskan lebih banyak waktu bersama smartphone. Tapi tampaknya semua perlu mempertimbangkan untuk mengurangi penggunaan smartphone.

Ubergizmo, Senin (24/2/2020), melaporkan, menurut studi terbaru, para peneliti menggunakan mesin MRI dan menemukan mereka yang didiagnosa memiliki kecanduan smartphone ternyata memiliki otak yang berubah bentuk fisiknya. Perubahan fisik otak ini serupa dengan apa yang terjadi pada pecandu narkoba.

Baca Juga: Ada 5 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Teman Justru Semakin Sedikit

Tes ini dilakukan pada 48 orang, 22 di antaranya dikategorikan sebagai pecandu smartphone. "Melihat penggunaan perangkat itu yang semakin luas dan popularitas yang makin meningkat, penelitian ini mempertanyakan dampak smartphone, setidaknya pada individu yang mungkin memiliki risiko tinggi mengembangkan perilaku adiktif terkait smartphone," ujar para peneliti dari Universitas Heidelberg, Jerman.

Kecanduan smartphone bukanlah hal baru. Tapi hasil penelitian ini cukup mengkhawatirkan. Untuk itu, perusahaan seperti Apple dan Google telah memperkenalkan fitur pada smartphone dan sistem operasi mereka untuk mengurangi waktu yang dihabiskan pengguna dengan smartphone miliknya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0