Begini Cara Melihat Siapa yang Menggunakan Wi-Fi Anda :: Nusantaratv.com

Begini Cara Melihat Siapa yang Menggunakan Wi-Fi Anda

Terdapat Alat atau Metode yang Bisa Digunakan Siapa Saja untuk Dengan Mudah Memeriksa Siapa yang Terhubung ke Wi-Fi.
Begini Cara Melihat Siapa yang Menggunakan Wi-Fi Anda
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Tidak masalah apakah Anda memiliki jaringan Wi-Fi di rumah atau kantor. Tetapi sangat penting untuk bisa melihat siapa yang ada di Wi-Fi Anda.

Untuk bisnis, memantau pengguna yang menggunakan jaringan Wi-Fi dapat membantu menegakkan batas koneksi yang ketat atau hanya memantau aktivitas. Dan, jika memiliki jaringan di rumah, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada orang lain yang menyalahgunakan Wi-Fi dan menggunakan batas penggunaan data Anda (jika itu adalah koneksi terukur).

Dilansir dari Ubergizmo, Kamis (23/1/2020), terdapat beberapa alat atau metode yang bisa digunakan siapa saja untuk dengan mudah memeriksa siapa yang terhubung ke Wi-Fi dan berpotensi memantau aktivitas (untuk penggunaan lanjutan).

Baca Juga: Catat! Google Hentikan Layanan Aplikasi Chrome Juni 2020

1. Menggunakan Wireshark (Windows / macOS / Linux)

Wireshark adalah penganalisa paket jaringan sumber terbuka dan gratis. Anda dapat memonitor setiap bit jaringan Anda menggunakan Wireshark apa pun platform yang Anda gunakan.

Dengan ini, seharusnya mudah untuk memeriksa jumlah perangkat / pengguna yang terhubung ke jaringan Anda bersama dengan beberapa detail penting seperti Alamat IP dan sebagainya.

2. Menggunakan Wireless Network Watcher (Windows)

Wireless Network Watcher adalah alat gratis yang berfokus pada pemindaian perangkat yang terhubung ke jaringan Anda. Jadi, jika Anda memiliki sistem yang didukung Windows, Anda dapat mengunduhnya dari situs resminya.

Cukup buka aplikasi setelah menginstalnya dan Anda akan melihat perangkat yang terhubung ke jaringan Anda tercantum seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

3. Menggunakan GlassWire (Windows)

GlassWire adalah monitor jaringan dan firewall pribadi yang sangat populer. Terutama, ini membantu Anda mendeteksi aplikasi mana yang mengakses jaringan (dan kapan) untuk membantu Anda memantau aktivitas jaringan dengan cermat dan mengawasi spyware.

Namun, selain itu, GlassWire juga memungkinkan Anda memindai daftar perangkat atau pengguna yang terhubung ke jaringan Anda. Jadi, Anda dapat dengan mudah melihat siapa yang menggunakan Wi-Fi Anda menggunakan ini di Windows.

Anda dapat mulai menggunakannya secara gratis, namun Anda mungkin tidak dapat menggunakan semua fitur-fiturnya setelah masa uji coba 7 hari. Jadi, jika Anda serius memantau jaringan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memutakhirkannya ke versi pro (39 dolar AS untuk 1 PC).

4. Menggunakan Bandwhich Di Linux

Jika Anda menggunakan distribusi Linux, Anda dapat mencoba menginstal Bandwhich yang merupakan alat sumber terbuka dan gratis di GitHub. Ini akan membantu Anda mengetahui koneksi yang Anda miliki di jaringan Anda dan berapa banyak bandwidth yang digunakannya.

5. Menggunakan Portal Admin Router Anda (Windows, macOS & Linux)

Ini mungkin bukan metode termudah untuk melakukannya, tergantung pada router apa yang Anda miliki (D-Link, TP-Link, dll), Anda harus merujuk ke manual untuk mengakses panel admin router Anda .

Setelah masuk, Anda harus memeriksa perangkat yang terhubung atau daftar perangkat atau opsi serupa untuk menemukan daftar pengguna yang terhubung ke Wi-Fi Anda. Tapi tidak merekomendasikan cara ini jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan di panel admin.

Anda mungkin akhirnya mengubah sesuatu yang penting dari pengaturan router. Jadi, kecuali tahu apa yang Anda lakukan, maka Anda harus menghindari metode ini.

6. Membungkus

Sekarang Anda tahu tentang alat terbaik yang tersedia untuk mengetahui siapa yang menggunakan WiFi Anda, dan Anda dapat menjelajahi alat-alat ini untuk pemantauan lanjutan jaringan Anda.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0